Mengenal Lebih Dekat Tentang Instagram Carousel
Tidak bisa dipungkiri, Instagram menduduki peringkat pertama teknik pemasaran online yang menyasar target market para millennials. Memang, muda-mudi (millennials) gandrung dengan sosial media satu ini karena dianggap sosial media yang paling up to date dan sering mereka gunakan. Dari Instagram, mereka dapat dengan mudah mencari produk yang mereka inginkan dan juga mendapatkan informasi-informasi menarik lainnya.
Dalam memasarkan sekaligus meningkatkan brand awareness suatu produk atau merek di Instagram, banyak teknik yang dapat dijalankan. Instagram hadir sebagai sosial media yang memiliki beragam fitur unggulan. Mulai dari memposting foto, menambahkan video panjang melalui IG TV, kolase foto yang memungkinkan pengguna untuk upload beberapa foto dalam satu frame (carousel), hingga yang terbaru hadirnya Instagram Reels yang mengajak pengguna untuk berkreasi dalam video pendek 30 detik. Kali ini, yuk kita ulas beberapa informasi tentang Instagram Carousel yang dapat digunakan untuk mendukung kegiatan promosi bisnismu. Let's check this out!
Apa itu Instagram Carousel?
Instagram carousel adalah salah satu fitur yang diperkenalkan oleh Instagram pada tahun 2017 silam. Dalam Instagram carousel, pengguna memungkinkan untuk upload 2 atau lebih foto dalam satu kolase. Kamu dapat melihat kolase foto yang diupload dengan menggeser atau swipe pada foto-foto tersebut. Seperti postingan biasanya, kamu juga bisa menambah filter, mengedit foto satu per satu, dan menambahkan caption serta lokasi di postingan carousel tersebut. Kamu bisa upload 10 foto sekaligus dalam 1 postingan carousel yang pastinya bisa kamu manfaatkan untuk upload katalog produk bisnismu.
Dengan keunggulan seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu bisa mempromosikan beberapa produk yang memiliki suatu kemiripan ke dalam satu postingan carousel. Cara lain yang bisa dipakai adalah dengan menyajikan infografis atau keunggulan suatu produk yang dibagi dalam beberapa slide. Sebagai contoh, pemilik bisnis property ingin mempromosikan produk mereka melalui infografis dengan memanfaatkan Instagram carousel. Pada slide pertama, kamu bisa memberikan cover atau "hook" yang bisa menarik perhatian customer, slide kedua memberikan informasi seputar lokasi property yang strategis, slide berikutnya bercerita tentang penawaran menarik yang bisa didapatkan customer, dan lanjut ke informasi menarik lainnya. Dengan begitu, calon customer akan semakin yakin dan tertarik dengan produk yang kamu tawarkan dan akan berimbas terhadap penjualan yang akan semakin meningkat.
Instagram Carousel itu Powerful!
Mudahnya untuk mengedit foto satu per satu, menambahkan filter, dan upload hingga 10 foto sekaligus dalam satu waktu menjadi suatu kemudahan yang membuat postingan Instagram dengan jenis carousel tumbuh pesat. Postingan Instagram carousel tercatat tumbuh dari 3% menjadi 19,44% selama rentang waktu 2017 hingga 2020. Populernya Instagram carousel menjadi satu keunggulan yang membuat fitur ini menjadi powerful dan semakin diminati oleh para pelaku bisnis dalam mempromosikan produknya. Fitur ini semakin diminati karena Instagram carousel mampu untuk menaikkan engagement pengunjung Instagram, yang artinya semakin banyak pengunjung yang datang mengunjungi akun Instagram kita maka diharapkan semakin meningkat pula persentase penjualan produk. Tentunya keberhasilan Instagram carousel juga harus didukung dengan desain visual yang menarik untuk menyajikan beragam infografis atau mempromosikan produk supaya engagement pengunjung meningkat dan akan berimbas terhadap penjualan produk.
Kalau kamu bisa memanfaatkan Instagram carousel secara maksimal, pasti fitur ini akan sangat membantu kamu menaikkan engagement Instagram sekaligus memaksimalkan brand awareness bisnis kamu kepada para customer. Usaha dalam mempromosikan bisnismu pun juga nggak akan sia-sia. Mantul dah...
0 komentar:
Posting Komentar